7 Tempat Wisata Favorit di Lembang


Booking Now!

Wisata Favorit di Lembang – Apakah Anda mencari tujuan terbaik untuk berlibur? Tidak ada salahnya mencari tempat wisata di Lembang. Selain panorama yang indah, banyak pilihan objek rekreasi di daerah yang terletak di Barat Bandung. Ingin tahu tempat wisata apa di Lembang yang terbaik? Berikut rekomendasinya.

1. The Lodge Maribaya

Wisata Favorit di Lembang

The Maribaya Lodge adalah salah satu objek wisata yang terletak di rute Lembang-Maribaya-Cibodas. Area rekreasi alam terletak di Jalan Maribaya No.149 / 252, Desa Babakan, Cibodas. Namun, lokasi tidak dapat dijangkau dengan transportasi umum sehingga akan lebih mudah menggunakan transportasi online atau kendaraan pribadi.

Ada 7 wahana yang tersedia di tempat wisata di Lembang. Pertama, naik Balon Udara Panas; tempat foto setinggi 6 meter dengan latar belakang hutan pinus hijau. Lalu, ada Sky Bike dan Sky Wing dengan tali di udara.

Zona Paralayang juga tidak kalah menarik. Pengunjung bisa berpose seolah terbang di udara. Selain itu, ada swafoto untuk selfie Sky Bamboo dan Sky Tree. Bentuknya adalah pos pengamat di bagian atas pohon pinus. Akhirnya, ada kendaraan berkemah yang disebut Glamor Camping.

2. Wisata Grafika Cikole

Wisata Favorit di Lembang

Apakah Anda memerlukan tempat wisata lengkap yang terintegrasi dengan alam? Sangat tepat untuk memilih Wisata Grafika Cikole sebagai tujuan wisata. Pasalnya, kawasan seluas 9 hektar menghadirkan objek rekreasi seperti hutan pinus, wahana outbound, dan penginapan. Karena terletak di ketinggian 1.400 mdpl, udara disini cenderung dingin.

Yang unik dari penginapan di Grafika Cikole adalah bentuk bangunannya. Dengan mengusung gaya vintage, semua hunian terbuat dari kayu. Suasana di sekitar tempat wisata di Lembang sangat mirip dengan kondisi pedesaan.

Graphic Cikole memiliki kendaraan outbound yang dikelompokkan berdasarkan kebutuhan, yaitu reguler dan diklasifikasikan. Untuk tipe reguler, ada 11 game yang tersedia. Salah satunya adalah permainan tradisional, seperti makan kerupuk, balap karung, dan menangkap belut. Sementara itu, outbound diklasifikasikan dibagi menjadi tiga, yaitu outbound anak, sekolah, dan orang dewasa.

3. Imah Seniman

Wisata Favorit di Lembang

Mengunjungi area Imah Seniman seakan memasuki dunia seni artistik. Tempat wisata di Lembang yang membentang di atas lahan seluas 15 hektar mengusung konsep etnik yang unik. Desain bangunan terlihat kreatif dan memiliki nilai estetika tinggi. Karena berada di bawah pengelolaan Sapulidi Lembang, tema wisata yang ditawarkan tidak jauh berbeda. Konon, Imah Seniman adalah replika Sapulidi Lembang dalam ukuran lebih kecil. Area ini menghadirkan galeri seni, area outbound, kolam pemancingan, restoran, dan penginapan bergaya tradisional.

4. Gunung Tangkuban Parahu

Wisata Favorit di Lembang

Gunung Tangkuban Parahu sering dikaitkan dengan legenda Sangkuriang dan Dayang Sumbi. Namun, pada kenyataannya, gunung ini terbentuk secara alami dari lapisan lava yang mengeras dan juga ditutupi oleh batu apung, tephra, dan abu vulkanik. Meski terdengar menyeramkan, pemandangan alam Tangkuban Perahu sangat indah. 

Semua keindahan itu bisa dilihat dari beberapa kawah Tangkuban Parahu. Cekungan di gunung membentuk danau belerang dengan warna air kehijauan. Kadang-kadang, kabut putih tampak menyelimuti udara di atasnya. Namun, tidak sedikit mengurangi keindahan kawah Tangkuban Perahu. 

Obyek Wisata Gunung Tangkuban Parahu menghadirkan 9 kawah yang memiliki karakteristik berbeda. Meski begitu, semuanya terlihat menawan. Seperti, Kawah Ratu; kawah terbesar di Tangkuban Parahu. Warna belerang cenderung biru, meskipun ada cat hijau di beberapa bagian.

5. Curug Tilu Leuwi Opat

Terletak di daerah Ciwangun Parompong, pengunjung harus melewati medan yang cukup curam dan berbatu untuk mencapai titik air terjun. Lalu, apa saja objek wisata di air terjun Tilu Leuwi Opat? Pertama, air terjun ini dikelilingi oleh pemandangan indah batu hitam dan tebing yang dibalut tanaman hijau. Kedua, di bawah air terjun terdapat kolam alami dengan kedalaman 9 meter. Pengunjung dapat berenang di sini, tetapi hanya di daerah tertentu. 

Keunikan lain dari tempat wisata di Lembang adalah jumlah air terjun yang ternyata lebih dari satu. Nama yang diberikan juga bervariasi. Ada Curug Aseupan, Tilu, Cilaki, dan Citulang. Begitu pula dengan sungai; Ada empat bagian, yaitu Leuwi Baeud, Gentong, Kacapi, dan Bagong. Untuk alasan ini, itu sepenuhnya disebut Curug Tilu Leuwi Opat.

6. Observatorium Bosscha

Wisata Favorit di Lembang

Observatorium Bosscha adalah tempat terbaik untuk menyaksikan keindahan alam semesta. Pembangunannya dimulai pada 1923 hingga 1928 selama periode kolonial Belanda. Karena itu, Bosscha dinobatkan sebagai observatorium bintang tertua di Indonesia. 

Arsitektur bangunan Bosscha bergaya Eropa dengan atap setengah lingkaran. Meski berusia lebih dari 90 tahun, eksteriornya tetap terlihat sempurna. Bangunan ini juga terlihat kuat dan kokoh. Renovasi tempat ini telah dilakukan sekali ketika Perang Dunia 2 sedang berkecamuk. Observatorium Bosscha memiliki beberapa teleskop, termasuk Refraktor Ganda Zeiss, Bima Sakti Schmidt, Refraktor Bamberg, GOTO Cassegrain, dan Teleskop Surya. Zeiss Double Refractor adalah jenis teleskop terbesar untuk melihat bintang. Objek ini ditempatkan di atap kubah sehingga ketika teropong digunakan, atap harus dibuka. 

Observatorium Bosscha dapat dikunjungi oleh siapa saja, tanpa tiket. Namun, bagi mereka yang ingin menggunakan teleskop Zeiss, mereka diharuskan mendaftar. Untuk institusi atau institusi pendidikan, jadwal diberikan hari Selasa hingga Jumat. Sementara itu, kunjungan individu dibuka setiap hari Sabtu.

7. Taman Begonia

Wisata Favorit di Lembang

Sebagai upaya melestarikan flora di Indonesia, Taman Begonia Lembang didirikan di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Ada ratusan bunga yang dikumpulkan di daerah ini. Seperti geranium, salvia, celosia, dan melampodium. Karena koleksi bunga yang lengkap, Taman Begonia menjadi terkenal di negara-negara asing. 

Taman Begonia menyediakan beberapa tempat menarik yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk selfie. Misalnya, buket bunga berbentuk hati, seikat bunga kuning, dan pondok kecil di tengah taman. Selain itu, di tempat wisata ini di Lembang, ada juga beragam sayuran dan buah-buahan, mulai dari terong, brokoli, selada, tomat, hingga ceri. Semuanya bisa Anda beli dengan harga terjangkau, sekitar Rp. 20.000 per kilogram.

Nah itulah 7 rekomendasi Wisata Favorit di Lembang yang bisa dikunjungi saat liburan ke Lembang.

 


Booking Now!

Leave a Comment