8 Tempat Pariwisata Bandung yang Tak Lekang oleh waktu


Booking Now!

Tempat Pariwisata Bandung – Bandung kini menjadi Kota yang kaya dengan wisata alam, seni & budaya, museum, sejarah, dan masih banyak lagi. Kota dengan julukan Paris Van Java ini sering dikunjungi oleh wisatawan lokal atau wisatawan asing. Jangan heran Bandung menjadi tempat wisata yang sering dikunjungi, karena tiap tahun pasti ada tempat wisata baru bermunculan dengan konsep yang cukup unik dan menarik.

Kini kami ingin mengajak anda mengenal kota Bandung lebih dekat dengan tempat pariwisata bandung yang tak lekang oleh waktu. Cocok untuk anda yang baru pertama kali ke Bandung dan berwisata di kota Bandung.

1. Gedung Sate

Tempat Pariwisata Bandung

 

Bandung terkenal dengan Gedung Sate yang unik karena di atas monumen ada ornamen seperti bentuk sate. Gedung Sate merupakan tempat bersejarah yang dibangun pada tahun 1920, hingga sekarang dijadikan sebagai pusat pemerintahan kota Bandung. Walaupun sebagai pusat pemerintahan, Gedung Sate memiliki daya tarik tersendiri. Karena memiliki gedung yang megah berwarna putih dan kebun atau taman yang terawat. Jika di malam hari, pengunjung akan dapat menyaksikan lampu berwarna warni menghias seluruh gedung dan pemandangan air mancur yang menawan. Jika ke Bandung, tak sah rasanya jika belum berfoto dengan latar gedung sate ini. 

2. Jalan Braga

Wisata Murah di Bandung

Bandung dijuluki Paris Van Java karena jalan Braga yang terkenal memiliki suasana ibarat eropa. Asal mula jalan Braga hanya jalan kecil yang dekat dengan pemukiman yang sunyi. Pada tahun 1910-an, pengusaha Belanda meramaikan jalan ini dengan berbisnis dan mendirikan toko, bar, dan beberapa tempat hiburan. Pada saat 1920-1930an terdapat beberapa toko dan butik pakaian yang mengambil model pakaian paris, sehingga dikenal sebagai Paris Van Java. Banyak dari bangunan di Jalan Braga yang diidentikkan dengan bangunan khas Eropa. Seperti contohnya adalah model bangunan Gedung De Vries, De Majestic, Landmark Convention Hall, dan lainnya. Selain itu, juga ada bangunan penting lain yang dapat ditemukan, seperti Gedung Dekranasda Jawa Barat, Kantor Bank Jabar Banten, dan Lembaga Kantor Berita Nasional Antara. Selain gedung bercorak eropa, di setiap trotoar terdapat pelukis yang menjejerkan lukisannya untuk dijual. 

 

3. Gunung Tangkuban Perahu

Tempat Pariwisata Bandung

Legenda Sangkuriang mungkin sebagai bukti lisan terbentuknya Gunung Tangkuban Parahu. Menurut penelitian, gunung Tangkuban Parahu terbentuk dari letusan Gunung Sunda Purba yang meledak hebat sekitar 50.000 tahun yang lalu. Gunung Tangkuban Parahu menjadi salah satu destinasi Taman Wisata Alam yang berstatus aktif, jadi kita haru berhati-hati. Selain keindahannya, gunung Tangkuban Parahu memiliki banyak kawah yang memikat para wisatawan. Di Antara lain kawah Ratu, kawah Domas, dan kawah Upas. 

4. Taman Hutan Raya Ir.H. Djuanda

Tempat Pariwisata Bandung

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda adalah kawasan konservasi alam. Luas Hutan Raya mencapai 590 ha dan membentang dari Dago Pakar sampai kawasan Maribaya. Selain jajaran pohon yang membentang tinggi, tahura Djuanda memiliki tempat bersejarah dan wisata alam lainnya. Antara lain Goa Jepang, Goa Belanda, Curug Omas, Tebing Keraton, penangkaran rusa, dan masih banyak lagi. 

 

5. Museum Geologi

Tempat Pariwisata Bandung

Didirikan pada tanggal 16 Mei 1928, museum Geologi merupakan salah satu monumen bersejarah di bawah perlindungan pemerintah dan merupakan peninggalan sejarah. Museum geologi membahas seputar geologi di Indonesia dari Zaman Dinosaurus hingga Zaman modern yang disajikan dengan unik dan ringkas.

 

6. Monumen Bandung Lautan Api

Tempat Pariwisata Bandung

Monumen ini dibangun untuk memperingati peristiwa Bandung Lautan Api, dimana terjadi pembumihangusan Bandung Selatan yang dipimpin oleh Muhammad Toha. Monumen ini berada di tengah-tengah kota yaitu terletak di kawasan Lapangan Tegallega. Monumen ini menjadi salah satu monumen terkenal di Bandung.Monumen ini menjadi pusat perhatian setiap tanggal 23 Maret mengenang peristiwa Bandung Lautan Api.

7. Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat

Tempat Pariwisata Bandung

Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat terletak di Jalan Dipatiukur No. 48, Kota Bandung. Lokasinya berhadapan dengan Gedung Sate dan di depan Kampus Universitas Padjadjaran (Unpad), Kota Bandung. Monumen berdiri di atas tanah seluas ± 72.040 m² dan luas bangunan ± 2.143 m². serta model bangunannya, berbentuk bambu runcing yang dipadukan dengan gaya arsitektur modern. Monumen diresmikan penggunaanya oleh Gubernur Jawa Barat, R. Nuriana pada tanggal 23 Agustus 1995.

 

8. Museum Konferensi Asia Afrika

Tempat Pariwisata Bandung

Museum Konferensi Asia Afrika merupakan salah satu museum yang berada di kota Bandung yang terletak di Jalan Asia Afrika No. 65. Museum ini merupakan memorabilia Konferensi Asia Afrika. Museum ini memiliki hubungan yang sangat erat dengan Gedung Merdeka. Secara keseluruhan Gedung Merdeka memiliki dua bangunan utama, yang pertama disebut Gedung Merdeka sebagai tempat sidang utama, sedangkan yang berada di samping Gedung Merdeka adalah Museum Konferensi Asia Afrika sebagai tempat memorabilia Konferensi Asia Afrika.

Nah itulah beberapa tempat pariwisata di Kota Bandung yang keren buat dikunjungi. Kalian kira-kira mau pilih tempat wisata yang mana nih?

 

 

 

 


Booking Now!

Leave a Comment