Booking Now!

Menikmati Sunrise Super Indah di Wisata Perkebunan Teh Sinumbra

Menikmati Sunrise Super Indah di Wisata Perkebunan Teh Sinumbra – Perkebunan Teh Sinumbra terletak di daerah Ciwidey, Rancabali, Bandung, Provinsi Jawa Barat. Perkebunan teh juga menjadi tujuan wisata di akhir pekan, selain udaranya yang dingin, disuguhi hamparan kebun teh yang hijau yang berkabut di pagi dan sore hari yang sangat memanjakan mata. Apa yang terlintas ketika mendengar kata “Bandung Selatan”? Mungkin langsung teringat dengan Kawah Putih, Situ Patenggang, Rancaupas, Situ Cileunca, Pangalengan, Ciwidey, touring, kemping, kebun teh.

Bandung Selatan terkenal dengan destinasi wisatanya. Selain danau, kawasan selatan Bandung tidak terlepas dari perkebunan teh dan peternakan.  Sebut saja perkebunan Malabar dengan makam Boschanya, perkebunan Kertasari, Perkebunan Talun, Perkebunan Kertamanah, Perkebunan Cukul, Perkebunan Cibuni, Perkebunan Sinumbra, dan yang paling popoler, Perkebunan teh Rancabali.

Berbagai olahan teh (tidak hanya teh biasa, tapi juga pengolahan teh hijau dan teh hitam) tersedia di area ini. Perkebunan teh yang memiliki pola tersendiri dan membentang menutupi lereng-lereng perbukitan menjadi daya tarik fotografer landscape. Tak terhitung jumlah foto yang menunjukkan keindahan perkebunan-perkebunan teh yang ada di selatan Bandung.

Khusus di kawasan Pangalengan, juga diperuntukkan bagi peternakan sapi perah. Selain itu menyusul peternakan ayam dan kambing, bahkan sudah ada peternakan Luak. Karena dekat dengan gunung purba, daerah ini juga dekat dengan sumber mata air panas. Karena suhu udara di Ciwidey yang cukup dingin, jadi lama kelamaan sumber air panas ini dikelola dan dikembangkan menjadi objek wisata pemandian air panas.

Perkembangan Objek Wisata di Bandung Selatan

Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya industri pariwisata, kawasan selatan Bandung seolah tak pernah kehabisan tempat. Kini mulai bermunculan objek-objek wisata baru, dan ternyata ada juga “wajah lama” yang melakukan pembenahan.

Seperti wisata Kawah Putih bebenah dari segi pengelolaan dan akomodasi bagi para wisatawan, Rancaupas pun tidak ketinggalan. Selain pembenahan “objek-objek wisata tua” semakin mengikuti perkembangan kreativitas di bidang industri pariwisata, wisata baru dengan berbagai konsep pun semakin marak ditemukan di selatan Bandung seperti perkebunan teh Sinumbra.

Perkebunan Teh Sinumbra

Udara sejuk dengan hamparan kebun teh yang hijau menjadikan spot ini menjadi salah satu daya tarik bagi para petualang yang memiliki misi fotografi. Kamu bisa menikmati pemandangan ini dengan secangkir kopi di temani dengan angin sepoi-sepoi. Dibandingkan dengan beberapa kebun teh lainnya, Sinumbra punya danau kecil yang ada di tengah hamparan perkebunan teh.

Perkebunan ini terletak pada Desa Indragiri, Kabupaten Bandung. Keindahan tempat ini terlihat luar biasa saat pagi hari. Pepohonan yang masih diselimuti kabut terpancar matahari, menghasilkan Ray of Light. Tak heran kalau tempat ini juga sering menjadi spot untuk hunting foto.

Tak hanya bangunan kolonial dan candi yang memiliki nilai sejarah. Perkebunan teh yang satu ini dapat kamu nikmati juga sebagai salah satu peninggalan sejarah. Pemandangan yang indah dan nilai sejarah yang kuat, membuat kebun teh Sinumbra ini sangat menarik untuk dikunjungi. Kurang apa lagi coba?

Untuk dapat menikmati semua keindahan alam yang ada di perkebunan teh Sinumbra ini pengunjung dikenakan tarif tiket masuk sebesar Rp 7.000 per orang.  Parkir kendaraan roda dua dikenakan biaya Rp 3.000/motor.

Sedangkan untuk kendaraan roda empat atau mobil parkirnya sebesar Rp 5.000. cukup murah kan? Dan yang pasti akan memanjakan mata dan merefresh pikiran Kamu Langsung saja agendakan untuk pergi berlibur.

Booking Now!

Leave a Comment