Booking Now!

Wisata Goa di Bandung yang Cocok untuk Dikunjungi

Wisata Goa di Bandung – Bandung punya segudang wisata goa yang sangat menarik. Hal ini disebabkan karena topologi Bandung kaya akan bukit dan perbukitan kars yang sangat tebal. Hal ini membuat wisata Bandung didominasi oleh wisata goa. Bagi kalian yang saat ini sedang ada rencana berwisata goa ke Bandung, berikut beberapa wisata Goa di Bandung yang cocok dikunjungi.

Batu Koral di Puncak Gunung: Goa Pawon dan Taman Batu, Padalarang
Setelah sekitar 20 menit mendaki Gunung Pasigit, Anda akan tiba di mulut Goa Pawon, sebuah situs bersejarah di mana berbagai kehidupan prasejarah masih ada (yang sekarang dipajang di Museum Geologi Bandung). Jika Anda melanjutkan perjalanan beberapa langkah menuju puncak gunung, Anda akan menemukan Stone Garden, cadangan geowisata yang tertutup batu seperti yang ada di pantai.

Wisata Goa di Bandung

Para ilmuwan percaya bahwa dalam jutaan tahun wilayah antara Padalarang dan Nagreg adalah sebuah danau kuno, yang berarti bahwa kota Bandung saat ini terletak sedalam ratusan meter di bawah permukaan air. Secara teori, beberapa gempa vulkanik besar menyebabkan air danau raksasa surut, menciptakan lembah. Di sini Anda dapat melihat langsung bukti ilmiah dalam bentuk kerang dari zaman kuno yang melekat pada batu. Aneh tapi Nyata!
Menelusuri “Si Duo Maut”: Gua Sanghyang Tikoro & Sanghyang Poek, Cipatat.

Selain Sanghyang Heuleut, Sanghyang Tikoro dan Sanghyang Poek juga merupakan bagian yang menarik di daerah Cipatat atau PLTA Saguling. Kedua gua ini terletak di daerah yang sama di mana ada air yang jernih dan pemandangan yang indah.

Sanghyang Tikoro, yang berarti ‘rongga suci’, adalah sebuah gua dengan sungai yang mengalir di dasarnya. Tempat ini diyakini terbentuk dari lava yang membeku saat letusan gunung berapi dan membentuk gua tacactite.
Sedangkan Sanghyang Poek berjarak 15 menit dari Tikoro dan lebih populer di kalangan pengunjung. Tempat ini berbeda dari yang lain karena memiliki lanskap miring / diagonal.

Sesuai namanya (‘poek’ dalam bahasa Sunda berarti ‘gelap’), segera setelah Anda masuk ke gua ini Anda akan segera diselimuti kegelapan yang menarik. Wsiata Gu Sanghyang Tikoro dan wisata Sanghyang Poek ini sangat cocok dikunjungi bagi para pecinta kegiatan ekstrim.

Wisata Goa Jepang Ciburial Bandung

Wisata goa di Bandung berikutnya yang tak kalah mentereng yaitu wisata Goa Jepang Ciburial Bandung. Lokasi wisata keren ini ada di Desa Ciburial Bandung. Mengapa wisata Goa Jepang Ciburial Bandung ini sangat menarik untuk dikunjungi karena keramahan penduduk sekitar yang sangat welcome. Kamu bebes mengunjungi goa Ciburial Bandung ini kapanpun.

Kalau dihilat sejarahnya, tentara Jepang memang pernah menggunakan goa ini sebagai basis pertahanan. Pada tahun 1942 Jepang pernah tinggal di dalam Goa Jepang Ciburial lalu menjadikannya benteng pertahanan. Makannya masarakat sekitar kemudian menjulukinya sebagai Goa Jepang. Ya karena memang goa ini dulunya dipakai oleh tentara kolonial Jepang.

Tiket masuk ke Goa Jepang sih bisa dibilang cukup murah meriah ya. Dengan mengeluarkan uang sebesar 3 ribu rupiah saja kalian sudah bisa menikmati beragam wisata yang ada di Goa Jepang. Ada beberapa fasilitas menarik dalam goa ini. Berikut fasilitas goa Jepang:

Kamar mandi, Mushola, Tempat parkir, Penginapan

Nah itulah beberapa wisata goa di Bandung yang cocok untuk dikunjungi. Silahkan tinggal kalian pilih salah satu aja untuk didatangi. Atau pilih dua-duanya saja tak masalah. Dijamin kalian akan semakin betah berwisata di Bandung.

Leave a Comment